Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang merupakan buah yang memiliki bentuk lonjong seperti terong, timun, dan lain - lain. Buah pisang pada umumnya memiliki warna kuning jika sudah matang atau warna hijau jika belum matang, walaupun sebagian pisang ada yang berwarna jingga, merah, ungu, dan lain - lain. Banyak sekali manfaat dan khasiat pada buah pisang yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah pisang untuk kesehatan.

manfaat dan khasiat buah pisang

Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan

1. Pisang menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang bermasalah dalam berat bahan yang berlebihan, mengkonsumsi pisang secara rutin dapat membantu Anda menurunkan berat badan Anda. Dikarenakan buah pisang memiliki kandungan kalori yang kecil.

2. Pisang mengobati sakit maag.

Pada artikel yang mengulas tentang cara menyembuhkan penyakit maag secara alami disebutkan bahwa kita bisa menyembuhkan maag dengan ramuan herbal. Ternyata selain menggunakan ramuan herbal, kita dapat menyembuhkan penyakit maag dengan cara mengonsumsi buah pisang. Ini dikarenakan dalam buah pisang terkandung zat penangkal asam dalam tubuh yang mampu meredakan rasa sakit maag.

3. Pisang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah pisang memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin C, dan B6 yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita supaya tidak mudah terserang penyakit.

4. Pisang meningkatkan kesehatan tulang.

Mengonsumsi pisang secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang kita. Ini dikarenakan buah pisang mengandung mangan cukup tinggi.

5. Pisang untuk mengobati jerawat.

Anda tidak nyaman dengan jerawat? Gunakanlah pisang untuk mengobatinya. Caranya sangat mudah, pertama hancurkan daging pisang hingga lembut lalu oleskan pada kulit wajah secara merata dan diamkan 10-20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Pisang sebagai sumber energi.

Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yang digunakan sebagai sumber energi tubuh kita. Jika kita mengonsumsi 2-3 buah pisang sehari secara rutin, maka dapat meningkatkan energi tubuh kita.

7. Buah pisang menyembuhkan luka bakar.

Jika Anda mengalami luka bakar seperti kaki yang terkena kenalpot sepeda motor, maka gunakanlah pisang untuk menyembuhkan luka bakar Anda. Caranya sangat mudah, pertama siapkan daging pisang lalu dihaluskan. Jika sudah halus silahkan oles pada luka bakar Anda untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan luka bakar tersebut.

8. Buah pisang mengurangi rasa nyeri saat haid.

Bagi wanita yang sedang mengalami haid dan rasanya nyeri, maka mengonsumsi pisang secara rutin dapat mengurangi rasa nyeri Anda saat haid.

9. Pisang mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Buah pisang mengandung kalium yang dapat mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah akan stabil. Selain itu, serat yang terkandung pada buah pisang dapat mengikat lemak dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan tekanan darah naik.

10. Pisang mencegah penyakit jantung

Kandungan Vitamin C dan Flavonoid yang terkandung dalam buah pisang dapat mencegah penyakit jantung karena bersifat antioksidan yang dapat mencegah proses oksidasi lemak. Buah pisang juga mengandung kalium yang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektin pada pisang juga berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol. Maka dari itu, cegahlah penyakit jantung dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin.

11. Pisang mengatasi kekurangan darah atau Anemnia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi. Jika anda mengonsumsi pisang secara rutin, maka itu cukup mengatasi anemia pada tubuh kita. 

12. Pisang baik untuk ibu hamil.

Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Buah pisang mengandung asam folat tinggi yang sangat penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel - sel baru, dan mencegah terjadinya cacat. Satu buah pisang matang ternyata mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga memakan dua buah pisang matang, dapat memenuhi kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram hanya dengan mengonsumsi buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk ibu yang sedang hamil.

Baca juga ya 10 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Cara Menyembuhkan Penyakit Maag Secara Alami
Tag : Buah, Kesehatan
Back To Top