Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Batuk merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus. Batuk biasanya disertai dengan dahak dan flu yang dapat mengganggu aktifitas Anda. Bagi Anda yang sedang terkena penyakit batuk, berikut akan dijelaskan bagaimana cara alami mengobatu batuk berdahak.

cara alami mengobati batuk berdahak

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

1. Teh Jahe

Teh Jahe merupakan campuran Teh dengan irisan jahe. Teh Jahe sangatlah ampuh untuk mengatasi batuk berdahak. Mengonsumsi Teh Jahe 2 kali sehari akan membantu Anda mengatasi batuk berdahak secara efektif.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat efektif dalam mengatasi batuk berdahak. Caranya peras jeruk nipis lalu campurkan dengan madu dan air matang lalu ditim selama kurang lebih 30 menit.  Untuk campurannya, kira - kira takarannya adalah 1 sendok makan air jeruk nipis, 3 sendok makan madu, dan 5 sendok makan air matang. Minumlah ramuan ini 1 sendok teh sehari dua kali. Selain ramuan tadi, ada ramuan lainnya yang dibuat dari jeruk nipis yaitu campuran jeruk nipis dengan kecap dan diminum sehari dua kali dengan ukuran satu sendok teh.

3. Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan yang sangat efektif dalam meredakan batuk berdahak. Tambahkan setengah sendok teh kunyit yang ditumbuk lalu campurkan dengan madu ke dalam satu gelas susu.

4. Daun Asam Muda

Daun asam muda juga dapat mengatasi dan menyembuhkan batuk. Caranya juga sangat mudah, siapkan daun asam muda kira - kira setengah genggam lalu campur dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Campuran tadi lalu direbus dengan api kecil hingga mendidih. Setelah mendidih lalu disaring. Minumlah ramuan secara rutin.

5. Daun Kemangi

Selain sebagai lalapan, daun kemangi juga sangat berguna untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya sediakan 1-2 gelas air putih dan 2-3 daun kemangi. Lalu rebus bahan-bahan tadi menjadi satu. Setelah itu minum ramuan itu secara rutin untuk mengatasi batuk.

6. Daun Sirih

Daun sirih juga dapat digunakan untuk membuat ramuan yang digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya ambil kira-kira 5 lembar daun sirih, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis lalu rebus dengan air sebanyak dua gelas. Setelah itu tunggu hingga air menjadi satu setengah gelas. Lalu saring ramuan tersebut dan minum satu sendok makan tiga kali sehari.

7. Memperbanyak Minum Air Putih Hangat

Cara yang sangat mudah untuk mengatasi batuk berdahak adalah dengan memperbanyak minum air putih hangat. Air hangat akan membantu melancarkan dahak keluar dari tenggorokan sehingga Anda dapat mengeluarkan dahak dengan mudah.

Baca juga ya Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan 10 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak
Tag : Kesehatan
Back To Top