5 Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Ikan Tuna

Manveniza, siapa yang suka mengonsumsi ikan? Khususnya ikan laut? Pasti banyak suka kan? Kalau begitu pasti pernah dong makan ikan laut yang bernama Ikan Tuna? Ya, ikan tuna merupakan ikan yang termasuk dalam bangsa Thunnini. 

Ikan tuna merupakan ikan yang sering di konsumsi oleh manusa. Daging ikan yang enak dan manfaat yang banyak terdapat pada ikan tuna, menjadikan ikan tuna sebagai ikan laut yang paling banyak dikonsumsi. Lalu apa saja manfaat dan khasiat dari ikan tuna?

1. Kesehatan Jantung

Manfaat yang pertama dari ikan tuna adalah menjaga kesehatan dan funsi jantung. Dalam ikan tuna, terdapat omega 3 yang sangat tinggi. Omega 3 dapat meningkatkan rasio konsentrasi HDL (kolesterol baik), menjaga ritme detak jantung, dan menekan pembekuan darah di pembuluh darah.

2. Mencegah Kanker

Manfaat yang keuda dari ikan tuna ini adalah dapat mencegah kanker. Kandugnan omega 3 ikan tuna dapat mencegah kanker payudara dan menurunkan resiko terserang leukimia. Selain kanker payudara dan leukimia, ikan tuna juga dapat mencegah berbagai macam kanker seperti kanker pankreas, kanker ovari, dan jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan lain (faring, esophagus, kanker mulut, perut, dan usus).

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Manfaat yang ketiga adalah meningkatkan fungsi kognitif otak. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tuna memiliki kegunaan untuk meningkatkan fungsi mengingat/kognitif otak. Dengan itu, dapat menghindarkan kita pada penyakit degenerasi fungsi otak salah satunya adalah Alzheimer karena membantu memperlancar suplai darah ke otak. Selain itu, omega 3 pada ikan tuna mampu menurunkan resiko inflamasi, memperantarai signal supaya mampu diterima dengan baik oleh otak, pada penderita Alzhemeir akan mengalami gangguan penyampaian signal/implus ke otak.

4. Meningkatkan Respon Hormon Insulin

Bagi penderita diabetes tipe 2, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan tuna. Kenapa? Ini dikarenakan dalam ikan tuna terdapat kandungan lemak omega 3 yang banyak. Sebuah penelitian merekomendasikan bahwa omega 3 dapat mencegah dari kegemukan dan meningkatkan respon hormon insulin pada tubuh Anda. EPA merupakan asam lemak omega 3 yang membantu dalam meregulasi berat badan dan juga metabolisme tubuh dengan mensekresi hormon leptin.

5. Membantu Proses Detoksifikasi

Dalam ikan tuna terkandung selenium bersama dengan omega 3 yang merupakan bahan bakar untuk memproduksi Gluthathione Peroxidase (jenis antioksidan). Antioksidan inilah yang berfungsi untuk kesehatan hati. Selenium juga berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.


referensi : http://www.esensi.co.id/health-a-beauty/healthy-living/654-manfaat-ikan-tuna-untuk-kesehatan-.html
Tag : Kesehatan
4 Komentar untuk "5 Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna Bagi Tubuh Manusia"

ini gan slide bar berwarna eh makin kebawah ngga ada warna nya coba di samain warna kaya border header sama footer dah

jadi pengen makan ikan tuna :v


andropccenter.blogspot.com

banyak juga ya manfaat ikan tuna, besok beli ah :v
btw, mampir ke blog ane ya http://chandstwn.blogspot.com

Oke gan..makasih masukannya.. :)

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Manveniza.
Silahkan bila ingin memberikan tanggapan berkaitan dengan artikel diatas. Dilarang memberikan tanggapan berbau SPAM dan SARA. Terimakasih atas pengertiannya.

Back To Top