10 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

10 makanan meningkatkan kecerdasan otak

Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasaan Otak

Memiliki tingkat kecerdasan otak yang tinggi merupakan dambaan bagi banyak orang. Atau Anda ingin memiliki anak dengan tingkat kecerdasan yang tinggi? Jika memang begitu, berilah asupan gizi anak Anda sehari - hari.

Berikut ini merupakan beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasaan otak manusia. Makanan - makanan ini biasa disebut dengan Brain Food dimana makanan - makanan ini dipercaya ampuh untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat otak manusia. Berikut ini makanan - makanan untuk meningkatkan kecerdasan otak manusia yang dikutip dari artikelkesehatan99.

1. Salmon
Ikan salmon merupakan sumber asam lemak Omega-3 (DHA dan EPA) yang baik. Asam lemak Omega-3 ini berperan penting pada perkembangan fungsi otak. Menurut penelitian yang dilakukan, menyatakan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 memiliki daya pikir lebih tajam dan memperoleh hasil yang memuaskan pada uji kemampuan.

2. Telur
Telur merupakan sumber protein yang mudah didapatkan dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Bagian kuning telur mengandung kaya akan kolin yaitu suatu zat yang dapat membantu perkembangan daya ingat otak.

3. Selai kacang
Kacang tanah mengandung banyak vitamin E, antioksidan yang memiliki peran dalam melindungi membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E juga membantu sel saraf dan ota untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan sumber energi.

4. Gandum murni
Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk menduku kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat
Oat atau biasa disebut oatmeal merupakan sejenis sereal yang populer dikalangan anak - anak. Oatmeal merupakan sumber nutrisi bagi otak. Serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak anak supaya terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Selain itu, oat juga mengandung seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E yang membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi secara maksimal.

6. Buah berry
Biji dan buah berry mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Buah berry seperti Blackberry, Rasberry, Blueberry dan lain sebagainya. Antioksidan yang tinggi yang terkandung pada buah berry, terutama vitamin C, memiliki peran untuk mencegah kanker.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 (khususnya ALA) lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

8. Sayuran berwarna
Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.

9. Daging sapi tanpa lemak
Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.

10. Susu dan Yogurt
Makanan-makanan dari produk susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

Baca juga ya Cara Menyembuhkan Penyakit Maag Secara Alami
Tag : Kesehatan
Back To Top