Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Dari dulu madu memang sudah dikenal oleh banyak orang akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan. Dulu, banyak orang menggunakan madu sebagai ramuan untuk menyembuhkan suatu penyakit tertentu. Berikut ini akan dijelaskan manfaat - manfaat madu bagi kesehatan.

manfaat madu bagi kesehatan manusia

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh


Mencegah datangnya Kanker

Madu dapat mencegah datangnya kanker karena kandungan flavonoids yang terdapat pada madu serta antioksidannya mampu mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung. Kandungan karsinogen pada madu juga dapat mencegah tumbuhnya tumor.

Madu Sebagai Obat Luka dan Borok

Jika Anda memiliki luka dan borok, maka gunakanlah madu untuk mengobatinya. 


Merangsang Pertumbuhan Jaringan

Madu ternyata mengandung propolis, enzim, serbuk sari, vitamin dan mineral yang dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Madu jika digunakan pada luka bakar, maka dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh Anda menurun? Madu solusinya. Dalam madu terkandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menjaga tubuh dari radikal bebas. Ternyata, antioksidan yang biasa disebut pinocembrin itu hanya ditemukan didalam madu. Madu juga dapat membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit, dan menjaga agar tetap terlihat awet muda.

Meringankan Penyakit Pernafasan

Madu juga sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit pernafasan. Studi yang dilakukan di Bulgaria, hampir 18.000 pasien menmukan bahwa madu dapat mengatasi bronkitis asma, bronkitis kronis, rinitis kronis, asinusitis, dan alergi. Madu juga sebagai obat untuk flu, pilek, dan infeksi pernafasan.

Menghaluskan Kulit

Madu dapat menghaluskan kulit. Ini dikarenakan kandungan asam glukonat dan asam organik yang terdapat pada madu dapat melonggarkan ikatan sel kulit mati hingga mempercepat proses regenerasi, mengurangi keriput, penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu madu juga dapat mempertahankan kelembapan kulit karena mengandung gula dan asam amino.

Meningkatkan Stamina

Menurut hasil dari penelitian, ternyata madu mampu meningkatkan performa atlet. Madu mampu membantu tubuh untuk mengontrol gula darah dan juga membantu dalam menyembuhkan otot serta memulihkan stamina.

Menurunkan Glukosa & Kolesterol Pada Darah

Madu memiliki indeks glisemik rendah daripada gula walaupun rasanya lebih manis dari gula. Indeks glisemik rendah ini dikarenakan diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Jika Anda menderita diabetes, dipastikan Anda harus mengurangi makanan berindeks glisemik yang tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa pada darah. Madu juga bisa sebagai alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan dengan gula atau gula sintetis. Bahkan penelitian menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin yang terdapat pada madu juga mampu membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol buruk yang ada dalam tubuh.

Sumber Vitamin dan Mineral

Madu ternyata juga menjadi sumber kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kadar vitamin dan mineral itu tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah.

Menurunkan Berat Badan

Madu mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Madu berbeda dengan gula yang memiliki tinggi kalori dan lukosa. Banyak orang meyakini bahwa madu bisa digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan berat badan. Biasanya madu dicampur dengan jus lemon lalu diminum pada pagi hari dan diyakini dapat menghilangkan selulit.

Mengobati Batuk & Radang Tenggorokan

Anti bakteri yang terkandung pada madu dapat melawan mikrobakteri yang dapat menyebabkan radang. Bahkan, madu juga mampu membunuh bakteri - bakteri yang menyebabkan infeksi tenggorokan.

Menghalau Bakteri & Jamur

Zat antiseptik pada madu juga berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan bakteri. Hal itu dapat menjaga tubuh supaya terhindar dari infeksi. Jika ada orang yang mengalami luka gores atau luka bakar, maka madu biasanya digunakan untuk obat pertolongan pertama dengan cara mengoleskan pada luka tersebut agar terhindar dari infeksi.

Tag : Kesehatan
Back To Top