Manfaat Yang Terkandung Dalam Tahu Untuk Kesehatan

Manfaat Yang Terkandung Dalam Tahu Untuk Kesehatan
sumber : kabarinews.com
Siapa dari pembaca yang belum mengenal tahu? Kalau ada yang belum kenal, kenalan dulu di pasar, hehe. Ya, kita semua pasti mengenal apa itu tahu. Tahu merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Tahu sendiri berasal dari China dan dikenal oleh masyarakat China dengan sebutan Doufu.

Tahu merupakan makanan yang dibuat dengan bahan baku kedelai. Kita tahu bukan bahwa kedelai memiliki manfaat – manfaat yang sangat banyak. Salah satunya adalah meningkatkan energi tubuh kita karena dalam kedelai mengandung protein yang tinggi. Maka dengan itu, tahu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Oh iya, selain meningkatkan energi tubuh, protein juga berfungsi untuk menjauhkan tubuh kita dari segala macam penyakit.

Nah, kita kembali ke topik artikel ini. Tahu memiliki banyak manfaat, jika Anda tidak suka mengonsumsi tahu, saya sarankan Anda untuk membaca artikel ini sampai selesai dengan teliti. Anda akan mengetahui banyak manfaat dari makanan yang Anda tidak suka ini. Berikut ulasan manfaat yang ada dalam tahu untuk kesehatan tubuh.

Diantara pembaca sekalian pasti sayang dengan organ jantung kalian. Ya, jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Tahukah Anda? Di jaman modern ini, jantung sangat rentan terhadap penyakit karena pola hidup yang kurang sehat. Dengan mengonsumsi tahu secara rutin, maka Anda dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Studi yang dilakukan akhir – akhir ini menyatakan bahwa mengonsumsi protein kedelai yang terkandung pada tahu mampu menurunkan LDL tanpa menurunkan HDL. Kita tahu sendiri LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat menimbulkan penyakit jantung, sedangkan HDL merupakan kolesterol baik.

Osteoporosis merupakan sebuah penyakit yang menyerang tulang atau biasa disebut dengan kerapuhan tulang. Taukah kalian bahwa tahu dapat mencegah penyakit osteoporosis? Ya tahu merupakan sumber kalsium yang tinggi. Tetapi ini tergantung pada koagulan yang digunakan oleh pembuat tahu seperti kalsium sulfat. Baru – baru ini penelitian menyatakan bahwa kandungan isoflavon pada makanan kedelai dapat meningkatkan kepadatan tulang atau bisa disebut dengan densitas.

Ternyata tahu mampu menurunkan penyakit kanker. Hebat bukan? Dalam tahu terdapat kandungan selenium yang mampu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Selain itu mampu meminimalisir resiko terserang penyakit kanker usus besar. Selain itu kandungan isoflavon dalam tahu mampu menurunkan resiko kanker payudara dan kanker prostat.

Kulit bersih dan elastis merupakan dambaan semua orang, khususnya wanita. Memiliki kulit bersih dan elastis mampu meningkatkan kepercayaan diri. Nah, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit, konsumsilah tahu secara rutin. Ini dikarenakan kandungan protein, mineral, dan vitamin pada tahu mampu menjaga elastisitas kulit sehingga mampu menghindarkan kulit Anda dari penuaan dini.

Kandungan zat besi dan tembaga yang tinggi dalam tahu mampu membantu darah Anda menjadi lebih sehat dan menjaganya tetap sehat. Siapa sih yang tidak mau darah sehat? Bukan darah suci ya, hehehe.. Kandungan zat besi dalam tahu memiliki peran yang sangat penting sebagai hemoglobin dalam melepas oksigen di dalam darah kita.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan berbagai macam komplikasi seperti gagal ginjal. Banyak kasus gagal ginjal yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Biasanya tanda awalnya adalah ditemukannya protein pada urin. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa protein kedelai yang terkandung dalam tahu mampu menurunkan 10% protein yang terkandung dalam cairan urin. Penelitian ini dilakukan oleh lelaki yang terkena penyakit diabetes tipe dua dan semuanya didiagnosis terkena penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes.

Begitulah beberapa manfaat tahu untuk kesehatan kita. Maka dari itu janganlah meremehkan makanan satu ini walaupun harganya murah. Walaupun harganya murah, tapi manfaatnya tidak murahan kan? Mampu menghindari tubuh dari penyakit – penyakit berbahaya. Nah, semoga artikel tadi dapat memberikan manfaat untuk Anda semua. Baca juga artikel kami lainnya seperti 5 Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna Bagi Tubuh Manusia dan Fobia - Fobia Paling Unik dan Aneh di Dunia.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Yang Terkandung Dalam Tahu Untuk Kesehatan"

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Manveniza.
Silahkan bila ingin memberikan tanggapan berkaitan dengan artikel diatas. Dilarang memberikan tanggapan berbau SPAM dan SARA. Terimakasih atas pengertiannya.

Back To Top