Manfaat Dan Khasiat Hebat Dari Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan daun yang biasa digunakan lalapan oleh banyak orang. Nama latin dari daun kemangi adalah Ocimum Citriodorum. Daun kemangi memiliki banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B, beta karoten, kalsium, fosfor magnesium, protein, lemak, karbohidrat, besi, flavonoid, arginin, boron dan anetol. Namun, sebagian orang ada yang tidak suka dengan daun kemangi karena rasa dan baunya. Bau tersebut merupakan kandungan sitral yang tinggi dalam daun kemangi. Tetapi, dengan melihat kandungan - kandungan yang banyak pada daun kemangi, sepatutnya kita pikir ulang terhadap tumbuhan ini. Karena, tumbuhan ini banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. 

Manfaat Dan Khasiat Hebat Dari Daun Kemangi

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kita dapat mengonsumsi daun kemangi. Daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang mampu meningkatkan respon antibodi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Beta karoten juga mampu membantu sintesis protein, sehingga dapat mendukung proses pertumbuhan dan memperbaiki sel - sel yang telah rusak.

Melancarkan Aliran Darah

Dalam daun kemangi terdapat kandungan magnesium yang mampu membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah. Sehingga aliran darah tetap lancar. 

Melawan Radikal Bebas

Daun kemangi mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Antioksidan pada daun kemangi berupa flavonoidi dan juga eugenol yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Daun kemangi juga sangat baik untuk melawan radikal bebas.

Membantu Pertumbuhan Tulang

Daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting untuk mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Maka dari itu daun kemangi dapat membantu pertumbuhan tulang pada tubuh kita. Daun kemangi juga memiliki kandungan astenol dan boron yang berperan aktif untuk merangsang fungsi kerja dari hormon estrogen dan endrogen, serta mencegah tulang keropos.

Mencegah Kemandulan

Zat arginin pada daun kemangi dapat membantu mencegah kemandulan. Zat arginin mampu memperkuat daya hidup sperma sehingga mampu mencegah kemandulan. Selain zat arginin, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang mampu membantu meningkatkan kualitas ereksi penis serta mencegah ejakulasi dini.


referensi : http://kilas-kesehatan.blogspot.com/2013/12/khasiat-daun-kemangi.html
Back To Top